Minggu, 20 Mei 2012

Materi Pengenalan CorelDraw


MATERI  I
DESAIN GRAFIS DENGAN CORELDRAW

Kompetensi Dasar :
Menunjukan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak desain grafis

Indikator :
1.  Mengenal aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis bitmap dan grafis berbasis vektor
2.  Menjelaskan perbedaan grafis berbasis vektor dan bitmap
3.  Mencontohkan menu dan ikon pada program desain grafis Corel Draw
4.  Menjelaskan fungsi berbagai menu & icon yang ada dalam program desain grafis
5. Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan

1.1  Pengertian Desain Grafis
Grafis adalah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat. Gambar atau grafis dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu gambar biasa (non digital) dan gambar digital. Gambar non digital adalah guratan alat gambar ke suatu media tertentu, misalnya kertas, kanvas, dan media lainnya. Sedangkan gambar digital adalah gambar yang dihasilkan dari pengolahan melalui komputer atau pemotretan menggunakan kamera digital, yang disimpan dalam bentuk file. Gambar digital terbagi menjadi dua jenis, yaitu gambar bitmap dan gambar vektor.
Grafis desain bitmap dibentuk dengan raster/pixel/dot/titk/point koordinat. Titik pixel ditempatkan pada lokasi tertentu dengan nilai warna tersendiri sehingga membentuk pola. Pola yang terbentuk itulah yang menghasilkan kesan gambar. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap artinya semakin tinggi tingkat kerapatan gambarnya tetapi kapasitas file yang digunakan semakin besar. Ketajaman warna dan detail gambar pada tampilan bitmap bergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan monitor dan VGA (Video Graphic Adapter) yang digunakan. Jika gambar beresolusi tinggi ditampilkan pada monitor dengan resolusi rendah maka gambar yang ditampilkan terlihat kasar bahkan terlihat kabur. Satuan ukuran grafis jenis bitmap adalah dpi (dot per inchi) yang berarti banyaknya titik dalam satu inci. File gambar bitmap mempunyai ekstensi .bmp, .jpg, .tiff, .gif, dan sebagainya. Beberapa program aplikasi komputer yang digunakan untuk pengolah gambar bitmap yaitu Paint dan Photoshop.
Sedangkan gambar vektor tersusun dari sekumpulan garis dan kurva. Garis dan kurva tersebut disusun sedemikian rupa sehingga membentuk suatu pola gambar yang diinginkan. Gambar vektor tidak dipengaruhi oleh resolusi gambar atau titik pixel (dpi) seperti halnya gambar bitmap. Jika gambar vektor diperbesar berapa kalipun tidak akan menjadi pecah, karena warnanya solid (bukan titik pixel). Contoh desain grafis menggunakan gambar vektor antara lain desain logo, layout kartu undangan, kartu nama, dan lain-lain. Beberapa program aplikasi komputer yang digunakan untuk pengolah gambar vektor yaitu CorelDraw, Freehand, Inkscape.
Grafik vektor dan grafis bitmap mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing. Keunggulan grafik vektor adalah ukuran file dokumen yang dihasilkan kecil, sehingga menghemat memori penyimpanan file. Kelemahan grafik vektor adalah pemakaian prosesor yang menggunakan memori lebih banyak sehingga komputer bekerja labih lambat. Desain bitmap menggunakan memori prosesor lebih kecil sehingga proses kerja cepat, namun ukuran file dokumen yang dihasilkan besar sehingga penggunaan memori penyimpanan dokumen menjadi besar. Selain itu kehalusan gambar grafis vektor tidak bergantung pada ukuran dpi, tetapi pada perangkat keluarannya, seperti monitor dan printer.
Berdasarkan hal tersebut, perbedaan antara grafis vektor dan grafis bitmap terletak pada kualitas gambar yang dihasilkan. Ketika ukuran file dokumen diperbesar, kualitas gambar grafis vektor tidak berubah sedangkan gambar grafik bitmap menjadi pecah. Selain itu terdapat perbedaan antara grafis vektor dan grafik bitmap lainnya yang terlihat pada tabel berikut ini


Tabel 1. Perbedaan Grafik Vektor dan Bitmap
Vektor
Bitmap
Tersusun oleh garis dan kurva
Tersusun atas titik-titik/dot
Ukuran file yang dihasilkan kecil
Ukuran file yang dihasilkan besar
Kualitas grafis tidak bergantung dari banyaknya pixel
Kualitas grafis bergantung dari banyaknya pixel

1.2  Macam-Macam Program Desain Grafis
Semakin meningkatnya kebutuhan akan citra gambar mendorong beberapa perusahaan software grafis untuk terus meningkatkan kemampuan dari software. CorelDraw 12 adalah salah satu software desain grafis berbasis vektor untuk membuat logo sedangkan Adope Photoshop CS digunakan sebagai software desain gambar berbasis bitmap untuk kepentingan percetakan maupun foto studio. Selain software gratis tersebut terdapat beberapa software lain berbasis grafis seperti Corel Photopaint, Macromedia Freehand MX, Adobe Illustrator dan Microsoft Photo Editor.

1.3  Penggunaan Program Grafis Vektor CorelDraw
Program CorelDraw merupakan salah satu program aplikasi komputer yang banyak digunakan sebagai program pengolahan desain grafis. Dokumen yang dihasilkan melalui perintah penyimpanan (Save) di program CorelDraw mempunyai ekstensi .CDR. Tetapi harus diingat bahwa file yang disimpan di versi yang lebih tinggi tidak dapat dibuka di versi sebelumnya. Agar file dapat dibuka di versi sebelumnya, ketika penyimpanan dokumen harus dipilih dulu tipe versi penyimpanannya. Jadi yang harus diperhatikan adalah versi penyimpanan file CorelDraw jika sering pindah-pindah komputer. Kelebihan program CorelDraw ini adalah obyek gambar vektor yang dibuat dapat diekspor menjadi beberapa tipe file, yaitu dalam bentuk file gambar vektor (.wmf, .wpg, dll), file gambar bitmap (.jpg, .bmp, .gif, dll) atau file program lain (Word/.doc, Photoshop/.psd, dll).

Bekerja dengan CorelDraw tidak terlepas dari penggunaan menu yang terdiri dari 5 kelompok yaitu :
-     Menu bar  : berisi pilihan menu pull-down
-     Standard toolbar : berisi jalan pintas (ikon) ke perintah tertentu
-     Toolbox : bagian yang berisi ikon-ikon untuk membuat dan memodifikasi suatu obyek gambar
-     Property bar : jika memilih atau mengaktifkan obyek tertentu
-     Color palette : berisi pilihan warna untuk obyek

A. Menu Bar atau Menu Pull-down

Menu bar merupakan menu yang terletak di bagian atas layar, atau biasa disebut Menu saja. Yang termasuk menu ini adalah

Gambar 2.1. Tampilan menu bar di CorelDraw

Cara menggunakan menu bar adalah dengan mengklik langsung menu yang dimaksud, atau dapat juga dilakukan secara manual, yaitu dengan menekan tombol Alt + huruf yang bergaris bawah (contoh Alt+F untuk membuka menu File). Setelah salah satu menu diklik, maka akan ditampilkan semua perintah yang dapat dipilih untuk pengaturan dokumen di CorelDraw.

B. Standard toolbar

Standard Toolbar merupakan sekumpulan perintah yang terletak di bawah menu bar yang terdiri dari sekumpulan ikon-ikon

Gambar 2.2. Tampilan Standard Toolbar di CorelDraw

Ikon merupakan tombol pintas pengganti suatu perintah tertentu yang terdapat di menu. Cara untuk mengetahui nama dan fungsi ikon-ikon di toolbar adalah dengan menggeser mouse ke salah satu ikon, maka di bawah panah mouse akan muncul nama ikon yang ditunjuk sesuai dengan fungsinya masing-masing.


C. Tool Box
Toolbox merupakan toolbar yang terdiri dari ikon-ikon yang digunakan untuk membuat dan memodifikasi suatu obyek gambar. Toolbox merupakan kunci pembuatan obyek gambar, karena sebagian besar pembuatan gambar baru di CorelDraw dilakukan melalui Tool Box.

D.  Property Bar
Property bar merupakan Toolbar yang akan berubah secara otomatis jika diklik salah satu ikon di Toolbox. Tampilan Property bar awal adalah pada saat Pick Tool masih aktif, berisi pengaturan halaman yang meliputi ukuran dan bentuk kertas

Gambar 2.3. Tampilan Property Bar pada saat Pick Tool aktif

Property bar berisi ikon-ikon khusus yang fungsinya disesuaikan dengan pilihan obyek setelah salah satu ikon di Toolbox diaktifkan.
Sebagai contoh adalah Property bar khusus teks yang muncul secara otomatis setelah ikon Text Tool di Toolbox dipilih (Gambar 2.4). Ikon-ikon yang ada semuanya dikhususkan untuk pengaturan teks atau kalimat, diantaranya untuk merubah jenis huruf, format tebal, perataan kalimat dan lain-lain.

Gambar 2.4. Contoh Property Bar untuk Text Tool

E. Color Pallete
Color Pallete merupakan Toolbar yang khusus digunakan untuk memberi warna secara cepat pada obyek gambar. Selain melalui Toolbar ini, pemberian warna dapat dilakukan melalui ikon Outline dan Fill yang terdapat di Toolbox. Pemberian warna pada obyek terbagi menjadi 2 jenis yaitu warna garis (outline) dan warna isi (fill).
Cara pemberian warna melalui Toolbar Color Pallete dibedakan menjadi dua yaitu :
Ø  Memberi warna pada garis dilakukan dengan cara klik obyek yang akan dirubah warnanya dan klik kanan pada salah satu warna di Color Pallete
Ø  Memberi warna pada isi objek dilakukan dengan cara klik obyek yang akan dirubah warnanya dan klik kiri pada salah satu warna di Color Pallete






UJI KOMPETENSI

1.      Sebuah gambar yang tersusun dari kumpulan titik-titik warna dengan jumlah tertentu tersusun secara sistematis hingga membentuk suatu objek disebut grafis….
  1. Citra
  2. Vektor
  3. Mapping
  4. Bitmap
  5. Pie

2.  Di bawah ini adalah nama-nama program yang digunaan untuk desain grafis, kecuali...
a. Photoshop
b. CorelDraw
c. Freecell
d. Paint
e. Freehand

3.    Dalam dunia komputer desain grafik dikenal dua tipe grafik, yaitu ….
a.       Bitmap dan Vektor
b.      Image dan Vektor
c.       Image dan Bitmap
d.      Vektor dan Citra
e.       Image dan Citra

4. Gambar yang tersusun oleh garis dan kurva disebut juga gambar berbasis .…
a. bitmap                       
b. database                    
c. grid
d. vector
e. pixel

5.    Kegunaan utama dari program aplikasi CorelDraw adalah ….
a.       mengolah kata
b.      mengolah angka
c.       mengolah animasi
d.      desain grafis
e.       pemrograman

6.      Kemampuan grafis vektor untuk tidak pecah jika diperbesar ukurannya karena grafis vektor mempunyai resolusi ….
a.       Gradation
b.      Supported
c.       Dependent
d.      Resolution
e.       Independent

7.    Jenis file grafis dibagi menjadi file grafis tipe bitmap dan tipe vector. Bentuk file Grafis vektor mempunyai tipe file dengan format ….
a.       *.eps dan *.jpg
b.      *.jpeg dan *.jpg
c.       *.wmf dan *.tiff
d.      *.bmp dan *.eps
e.       *.wmf dan *.eps

8.    Sebuah gambar yang tersusun dari kumpulan titik-titik warna dengan jumlah tertentu tersusun secara sistematis hingga membentuk suatu objek disebut grafis ….
a.       Pie
b.      Citra
c.       Vektor
d.      Bitmap
e.       Mapping

9.      Grafis bitmap banyak digunakan pada gambar yang menggunakan detail warna dan gradasi yang rumit. Di bawah ini yang bukan termasuk contoh dari grafis bitmap adalah ….                                    
a.       Logo
b.      Photo
c.       Manusia
d.      Tanaman
e.       Pemandangan

10.  Grafis Bitmap mempunyai kelemahan, jika gambar diperbesar akan terlihat kotak-kotak. Ini di sebabkan grafis Bitmap mempunyai resolusi  ….
a.       Gradation
b.      Supported
c.       Dependent
d.      Resolution
e.       Independent

11.  Sebuah grafis memiliki pixel, semakin banyak pixel pada grafis maka tampilan grafis akan semakin bagus. Jumlah pixel yang dimiliki suatu citra / gambar disebut….
a.       Independent
b.      Dependent
c.       Reduction
d.      Resolusi
e.       Gradasi

12.  Grafis memiliki warna-warna yang banyak. Warna-warna dibawah ini yang bukan termasuk mode pewarnaan CMYK adalah….
a.       Cyan
b.      Black
c.       White
d.      Yellow
e.       Magenta

13.  Banyak perangkat lunak aplikasi grafis yang beredar, yang tidak termasuk perangkat lunak aplikasi vektor adalah ….
a.       Corel PhotoPaint
b.      Corel Draw
c.       AutoCad
d.      Maya 3D
e.       Swift 3D 

14.  Begitu banyak perangkat lunak untuk membuat grafis. Yang termasuk perangkat lunak aplikasi grafis bitmap adalah …
a.       Corel Draw dan Corel PhotoPaint
b.      Corel PhotoPaint dan Photoshop
c.       Photoshop dan AutoCad
d.      Corel Draw dan Paint
e.       AutoCad dan Paint

15.  Lembar kerja Corel Draw terdiri dari Menu Bar, Titlte Bar, Toolbars. Bagian pada lembar kerja Corel Draw yang berisi ikon-ikon perintah seperti New, Open dan sebagainya  disebut ….
a.       Title Bar
b.      Menu Bar
c.       Status Bar
d.      Standard ToolBar
e.       Color Pallete Bar

16.  Perintah untuk menyimpan dokumen yang benar di Corel Draw adalah ….
a.       File - Save As - Ketikan nama file
b.      File - Open - Ketikan nama file
c.       File - Exit
d.      File – Export
e.       File – Print

17.  Agar obyek yang dibuat di CorelDraw dapat berbentuk file gambar (.jpg), caranya yaitu dengan memberikan perintah ….
a. File - Save As                       
b. File - Export             
c. File – Import
d. File – Open
e. File – Exit

18.  Nama ikon di toolbox yang digunakan untuk memberikan warna isi pada obyek yaitu .…
a. Basic shape               
b. Fill
c. Text tool                   
d. Outline
e. Shape tool

19. Kegunaan  ikon Zoom tool adalah .…
a. memilih atau menandai suatu objek
b. memperbesar / memperkecil tampilan layar
c. mengedit garis
d. membuat objek kotak
e. memutar atau merotasi suatu obyek

20. Kegunaan ikon Freehand tool adalah untuk ….
a. memilih atau menandai suatu objek
b. memperbesar / memperkecil tampilan layar
c. mengedit garis
d. membuat objek kotak
e. memutar atau merotasi suatu obyek


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar